[Review] Ulasan Lengkap iPhone Semua Generasi Terbaru 2015

Review Lengkap iPhone 1 (2G), iPhone 3G, iPhone 3Gs, iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6. Setelah dibeberapa artikel sebelumnya saya selalu membahas smartphone bersistem operasi Android, (Baca : Review Smartphone Samsung Galaxy A3). Kali ini saya akan membahas tuntas tentang iPhone. Yaps, artikel ini berisi review lengkap iPhone dari generasi pertama sampai generasi terbaru.


Gambar Semua Versi iPhone

Semua Versi iPhone (Google)

iPhone adalah smartphone yang berkualitas keluaran dari Apple Inc. Apple iPhone pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Pada waktu itu Apple termasuk penggebrak pasar smartphone. Bagaimana tidak? Apple pada waktu itu tidak mengikuti trend yang ada, Apple malah membuka trend baru.

Pada waktu itu, yang sedang ngetrend adalah eranya Blackberry. Yaitu keyboard fisik full QWERTY. Tetapi Apple menggebrak pasar dengan mengeluarkan produk smartphonepertamanya yaitu iPhone. Tentunya, pada waktu itu cibiran demi cibiran tidak mengenakkan keluar dari competitor-kompetitornya. Menganggap iPhone adalah produk gagal.

Tetapi, apa yang dilakukan Apple sungguh luar biasa. Dengan inovasi brilliant serta out of the box menjadikan iPhone Apple Berjaya. Dia sebagai trendsetter bukan follower. Bahkan pendiri Androidpun merasa “dipecundangi” dengan hadirnya iPhone Apple. Karena ia menganggap Sistem Operasi Android yang dibuatnya terlihat jadul dan kuno.

Market Share iPhone Semua Generasi

Memang, Apple bukan perusahaan pertama yang menggunakan layar sentuh. Dulu kita mengenal PDA buatan HTC. Dengan menggunakan stilus (jika belum tau, itu semacam pensil untuk melakukan navigasi layar sentuh). Tetapi, pada waktu itu PDA khusus untuk pasar enterprise dan juga kurang begitu booming.

Baru setelah Apple merilis iPhone generasi pertamanya, semua competitor yang awalnya mencibirnya merasa dipecundangi. Karena kesuksessan luar biasa yang diterima Apple dengan iPhonenya membuat kompetitornya harus mengakui kehebatan Apple yang kala itu dibawah naungan mendiang Steve Jobs.

iPhone memang menginspirasi semuanya. Mulai dari smartphonefull touch screen hingga desain User Interface (UI) di system operasinya. Sistem operasi yang digunakan iPhone bukanlah Android melainkan iOS. iOS inilah yang membuat pendiri Android merasa dipecundangi.

Setelah kesuksesan iPhone yang menggebrak pasar, para competitor yang awalnya mencibirnya mulai berbondong-bondong menjadi followernya. Terutama Samsung. Samsungdianggap sebagai produsen yang mentah-mentah menjiplak desain iPhone Apple mulai dari desain smartphone hingga desain User Interfacenya.

Jika kita amati, memang produk-produk smartphone Samsung sepintas hampir sama dengan Apple iPhone. Dan User Interface dari Androidpun juga terinspirasi dari user interface iOS. Apple memang menjadi trendsetter luar biasa. Karena waktu itu masih ada mendiang Steve Jobs yang kompak dengan kepala tim desainnya yaitu Jonatan Ive yang juga telah menerima penghargaan dari Kerajaan Inggris Raya.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, diartikel ini saya akan membahas tuntas tentang semua produk iPhone. Saya akan mereviewsemua versi iPhone. Jika kamu tidak mengikuti perkembangan AppleiPhone, berikut ini versi-versi iPhone :
  1. iPhone Generasi Pertama (iPhone 2G)
  2. iPhone 3G
  3. iPhone 3Gs
  4. iPhone 4
  5. iPhone 4s
  6. iPhone 5
  7. iPhone 5s + iPhone 5c
  8. iPhone 6 + iPhone 6 plus

Apple memang berbeda dengan vendor lain. Misalkan Samsung Smartphone, seperti yang telah saya jelaskan diartikel sebelumnya (baca : reviewproduk Samsung galaxy A5). Samsung memilih untuk mengeluarkan varian smartphone yang luar biasa banyaknya. Tujuannya apa? Untuk membuat konsumen menjadi banyak pilihan. Karena Samsung menyasar ke semua segmen. Selain Samsung ada juga Acer Smartphone (Baca : Review Lengkap Acer Liquid Z205), Acer juga bermain dikelas menengah kebawah dengan menghadirkan smartphone yang murah.

Tetapi apple beda! Apple merilis varian smartphone yang sedikit, satu tahun maksimum 2 versi iPhone yang mereka produksi. Paling hanya berbeda warna casingnya saja. Seperti di iPhone 5s diproduksi dengan warna putih, hitam, serta emas. Sedangkan iPhone 5c dengan warna crayon, kuning, dll.

Inilah yang membedakan Apple daripada competitor-kompetior lainnya. Walaupun ia merilis sedikit versi smartphone tetapi jumlah konsumen yang mau membelinya luar biasa banyaknya. Ingat! Apple adalah produsen smartphone terbesar nomor 2 didunia setelah Samsung. Tidak heran Samsung menjadi vendor terbesar karena Samsung membuat banyak sekali varian smartphone. Sedangkan Apple baru merilis 10 varian smartphone dari pertama kali ia merilis smartphone generasi pertamanya.

Oke, mungkin itu saja pengenalan serta garis besar smartphone iPhone Apple. Selanjutnya kita akan membahas satu persatu produk-produk andalan Apple yaitu iPhone dari generasi pertama sampai generasi terbaru (Per Maret 2015).

1.Apple iPhone Generasi Pertama


iPhone Generasi pertama dirilis ditahun 2007. Pada waktu itu belum ada competitor berarti. Karena saat itu baru boomingnya Blackberry. Apple generasi pertama masih menggunakan jaringan 2G belum menggunakan jaringan 3G.

Layar Screen iPhone Generasi Pertama

Layar iPhone Genarasi Pertama berukuran 3,5 inch. Mungkin tergolong kecil, jika kamu tidak tau ukurannya. Pasti kamu tau Samsung Galaxy Young bukan? Nha, kira-kira sebesar itulah iPhone Generasi pertama. Layar resolusi iPhone generasi pertama adalah 320 x 480 pixels dengan Full TouchScreen. Walaupun iPhone generasi pertama, tetapi iPhone ini sudah bisa menghasilkan 16 juta warna.

Dimensi Ukuran iPhone Genarasi Pertama

iPhone 2G memiliki dimensi ketebalan 115 x 61 x 11.6 mm. Cukup tipis, dengan hanya memiliki ketebalan 11,6 mm. Karena pada waktu itu memang belum ada smartphone sejenis iPHone. Sedangkan berat iPhone 2G hanyalah 135 gram. Dengan layar 3,5 inch, tipis hanya 11,6 cm serta berat hanya 135 gram tentunya ini menjadi inovasi luar biasa pada waktu itu.

Prosessor dan Memori iPhone 2G

Prosessor iPhone Generasi Pertama  adalah 620 MHz (underclocked to 412 MHz) Samsung 32-bit RISC ARM (32 KB L1) 1176JZ(F)-S v1.0. Memang Apple merancang sendiri prosessornya. Inilah yang membedakan Apple dengan yang lainnya. Disaat sampai sekarang vendor-vendor besar masih menggunakan prosessor buatan luar seperti Mediatek dan Qualcomm. Apple iPhone sejak generasi pertama telah menggunakan prosesor rancangan sendiri yang diberi nama ARM (Prosessor iPhone). Walaupun diproduksi dipabrik milik Samsung, cukup ironis memang.

iPhone Generasi pertama memiliki memori internal yaitu 4, 8 or 16 GB. Apple dari dulu memang tidak memberikan opsi slot microSD. Entah apa yang melatar belakangi Apple, tetapi ini masih tetap dipertahankan sampai sekarang.

Batterai iPhone Generasi Pertama

iPhone 2G menggunakan batterai standard Li-ON dengan kapasitas 1400 mAh. Cukup besar pada waktu itu, bahkan sampai sekarang rata-rata smartphone kelas menengah kebawah masih menggunakan kapasitas baterai 1400 mAh. Dengan kapasitas tersebut dapat digunakan untuk bertelepon sampai 8 jam, dan waktu stand by adalah 250 jam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi lengkap Apple iPhone 2G (iPhone Generasi Pertama)

Kelebihan iPhone Generasi Pertama

Kelebihan utama adalah, inovasi yang dilakukan oleh Apple sebagai pembesut iPhone. Dengan inovasi yang berani out of the box, Apple menjadikan iPhone sebagai smartphone yang benar-benar mendobrak pasar. Serta iPhone generasi pertama menjadi inspirator bagi kompetitor-kompetitornya.

Kekurangan iPhone Generasi Pertama

Yang kurang mengenakkan di iPhone generasi pertama adalah belum supportnya dengan jaringan 3G. Mungkin pada saat itu Apple masih mengetes pasar. Apakah laku atau tidak. Karena pada waktu itu smartphone dengan full touch screen memang belum benar-benar ada. Adanya hanya PDA yang waktu itu belum sepenuhnya sebagai smartphone.

NETWORKTechnologyGSM
LAUNCHAnnounced2007, January. Released 2007, June
StatusDiscontinued
BODYDimensions115 x 61 x 11.6 mm (4.53 x 2.40 x 0.46 in)
Weight135 g (4.76 oz)
SIMMini-SIM
DISPLAYTypeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Size3.5 inches (~52.0% screen-to-body ratio)
Resolution320 x 480 pixels (~165 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
PLATFORMOSiOS, upgradable to iOS 3.1.3
CPU412 MHz ARM 11
GPUPowerVR MBX
MEMORYCard slotNo
Internal4/8/16 GB
CAMERAPrimary2 MP, 1600 x 1200 pixels
VideoNo
SecondaryNo
SOUNDAlert typesVibration, proprietary ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
COMMSWLANWi-Fi 802.11b/g
Bluetoothv2.0 (headset support only)
GPSNo
RadioNo
USBv2.0
FEATURESSensorsAccelerometer, proximity
MessagingSMS (threaded view), Email
BrowserHTML (Safari)
JavaNo
- Google Maps
- Audio/video player
- TV-out
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer
- Predictive text input
BATTERYNon-removable Li-Ion battery
Stand-byUp to 250 h
Talk timeUp to 8 h
Music playUp to 24 h
MISCColorsBlack
SAR US0.97 W/kg (head)     0.38 W/kg (body)    
SAR EU0.97 W/kg (head)     0.69 W/kg (body)    
Price group
Sumber : GSM Arena 


Oke itu tadi review lengkap iPhone 2G (iPhone Generasi Pertama), mungkin iPhone 2G terlihat jadul. Karena memang iPhone 2G dirilis 8 tahun silam. Tentunya dalam 8 taun tersebut banyak terjadi perubahan-perubahan. Selanjutnya adalah review lengkap iPhone 3G (iPhone Generasi Kedua).


2.iPhone 3G (iPhone Generasi ke 2)

Setelah kesuksessannya dalam merilis iPhone Generasi pertamanya, Apple tidak menyia-nyiakan kesempatan. Ditahun berikutnya tepatnya tanggal 11 Juli 2008 Apple merilis iPhone Generasi ke 2 yang diberinama iPhone 3G. Seperti namanya, iPhone 3G ini telah support dengan jaringan 3G.

Layar iPhone 3G

Di iPhone generasi kedua ini, Apple masih mempertahankan ukuran layarnya. Ya, Layar iPhone 3G masih tetap 3,5 inch dengan resolusi sebesar 320 x 480 pixels. Karena mungkin ditahun tersebut layar sebesar itu masih dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dimensi Ukuran iPhone 3G

iPhone 3G memiliki ukuran 115.5 x 62.1 x 12.3 mm cukup tipis memang. Tetapi masih lebih tipis di iPhone generasi pertama. Mungkin karena adanya upgrade hardware membuat ketebalannya naik 0,7 mm. Tetapi tetap saja masih tipis. Kemudian, berat iPhone 3G sekitar 135 gram. Dengan berat segitu, serta layarnya yang masih 3,5 inch. iPhone 3G masih nyaman dan ringan ketika kita memakainya dengan menggunakan satu tangan.


Memori iPhone Generasi Kedua

Apple menyodorkan varian-varian dijajaran iPhonenya, yaitu dengan memori internal sebesar 4/8/16 GB. Tentunya harganyapun berbeda, semakin tinggi memorinya maka semakin mahal pula harga iPhonenya. Tapi sayangnya iPhone tidak memiliki opsi slot microSD.


Kamera iPhone 3G

iPhone 3G dilengkapi kamera dengan kualitas 2 MP yang memiliki resolusi sebesar 1600x1200 pixels. Pada waktu itu, Smartphone Sony Ericsson dan Nokia adalah vendor ternama yang terkenal dengan kualitas kamera terbaik. Tetapi, dengan datangnya Apple dengan iPhonenya merubah peta persaingan. Karena, kamera yang dibenamkan di Iphone 3G memiliki kualitas yang sangat baik.


Prosessor dan RAM iPhone 3G

Prosessor serta RAM iPhone 3G masih sama dengan RAM yang dibenamkan di iPhone 2G.


Kelebihan iPhone 3G

Di iPhone generasi kedua ini, hal yang patut diacungi jempol adalah upgrade jaringan yang dilakukan Apple. Dari jaringan 2G menjadi 3G. Karena pada waktu itu belum banyak smartphone yang ada dipasaran.


Kekurangan iPhone 3G

Dari segi hardware tidak ada hal yang istimewa. Karena kurang lebih sama dengan iPhone generasi pertama.

Yang membedakan antara iPhone gerasi pertama dengan iPhone generasi ketiga adalah jaringan selulernya. Karena iPhone 3G sudah support dengan jaringan 3G sedingkan generasi pertama masih menggunakan jaringan 2G. Berikut ini spesifikasi lengkap iPhone 3G :

NETWORKTechnologyGSM / HSPA
LAUNCHAnnounced2008, June. Released 2008, July
StatusDiscontinued
BODYDimensions115.5 x 62.1 x 12.3 mm (4.55 x 2.44 x 0.48 in)
Weight133 g (4.69 oz)
SIMMini-SIM
DISPLAYTypeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Size3.5 inches (~50.9% screen-to-body ratio)
Resolution320 x 480 pixels (~165 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
PLATFORMOSiOS, upgradable to iOS 4.2.1
CPU412 MHz ARM 11
GPUPowerVR MBX
MEMORYCard slotNo
Internal8/16 GB, 128 MB RAM
CAMERAPrimary2 MP, 1600 x 1200 pixels
VideoNo
SecondaryNo
SOUNDAlert typesVibration, proprietary ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
COMMSWLANWi-Fi 802.11b/g
Bluetoothv2.0, A2DP (headset support only)
GPSYes, with A-GPS
RadioNo
USBv2.0
FEATURESSensorsAccelerometer, proximity
MessagingSMS (threaded view), MMS(threaded view), Email
BrowserHTML (Safari)
JavaNo
- Audio/video player
- TV-out
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer
- Predictive text input
BATTERYNon-removable Li-Ion battery
Stand-byUp to 300 h
Talk timeUp to 10 h
Music playUp to 24 h
MISCColorsBlack(8/16 GB), White (16 GB)
SAR US0.52 W/kg (head)     1.29 W/kg (body)    
SAR EU0.56 W/kg (head)     0.23 W/kg (body)    
Price group
TESTSLoudspeakerVoice 66dB / Noise 62dB / Ring 71dB
Audio qualityNoise -89.9dB / Crosstalk -93.1dB
Sumber: GSM Arena


Itu tadi ulasan iPhone generasi kedua. Memang tidak ada upgrade hardware yang berarti. Yang signifikan hanyalah masalah jaringannya saja. Yaitu upgrade dari 2G menjadi 3G. selanjutnya kita akan mengulas tentang iPhone generasi ke tiga. Lansung saja berikut review lengkap iPhone 3GS :

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini