Apa itu Smartphone? Dan apa saja aplikasi smartphone?

Apa itu smartphone? Mungkin masih saja ada yang belum tau apa itu smartphone, dan apa saja aplikasi-aplikasi smartphone, apakah ada aplikasi smartphone yang gratis? Tentunya kita tidak bisa mengeneralisir semua orang, mungkin masih ada orang diseberang sana belum tau apa itu smartphone atau ponsel pintar.

Macam-Macam Smartphone
Berbagai Macam Smartphone

Smartphone adalah sebuah alat komunikasi (mobile) yang memiliki fitur layanan yang bisa dikatakan "pintar". Mengapa pintar? Smartphone dibuat untuk memudahkan aktivitas manusia, sehingga bisa dikatakan sebuah alat komunikasi pintar. Dan kita sebut dengan nama smartphone atau ponsel pintar.

Smartphone dikatakan pintar, karena adanya bermacam-macam fitur yang mumpuni, baik dari segi perangkat keras ataupun aplikasi-aplikasi smartphone. Baik perusahaan perangkat keras ataupun lunak saling berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaik mereka.

Smartphone SAMSUNG Berkualitas
Salah Satu Smartphone Samsung
Sebagai contoh produsen smartphone adalah Acer Smartphone, Samsung, Apple, Microsoft, dll. Mereka adalah produsen smartphone papan atas. Menghadirkan produk yang mumpuni, berkualitas, dan tersegmen. Artinya, mereka bermain dipasar yang luas. Baik dipasar bawah sampai dipasar atas.

Sejarah smartphone cukup panjang, walaupun baru booming sekarang. Tetapi sebenarnya smartphone telah ditemukan berpuluh-puluh taun yang lalu. Ponsel dapat dikatakan sebagai smartphone jika dapat minimal berkirim email, memutar musik, dll. Dulu kita mengenal nokia dan sony erricson. Dua merk inilah yang sangat booming diawal-awal tahun 2000an. [Baca : Tips Membeli Smartphone Online]

Terutama nokia, selalu berinovasi dalam menghadirkan smartphonenya. Dengan Sistem Operasi yang mereka buat sendiri yaitu synbian. Mereka menghadirkan sebuah layanan yang cukup memuaskan kepada penggemar setianya. DIkala itu bisa dikatakan Nokia adalah perusahaan besar yang tidak pernah terbayangkan untuk bangkrut.

Bagaimana tidak? Nokia menguasai sebagian besar pasar ponsel didunia. Mulai dari level bawah hingga level enterprise. Tetapi, sekarang itu hanya tinggal kenangan manis saja. Karena terlalu percaya diri Nokia akhirnya bertekuk lutut kepada 2 penantang baru yaitu Android dan Apple.

iPhone Putih
Apple iPhone - Smartphone Papan Atas
Sampai akhirnya, nokia harus rela diakuisisi oleh Microsoft. Sehingga sekarang resmi tidak ada lagi ponsel bermerk Nokia, melainkan Microsoft dengan seri Lumianya. Android dari Google dan Apple dengan iOSnya memang menjadi pemain yang sangat kuat. Dan hampir tidak bisa dikalahkan untuk beberapa tahun kedepan.

Seperti biasa, Apple tetap menjaga kualitasnya dengan tidak memiliki produsen partner serta hanya merilis versi iPhone terbatas. Sedangkan Google berkolaborasi dengan puluhan bangkan ratusan produsen smartphone didunia. Sehingga tidak mengejutkan jika Android memiliki market pasar yang sangat besar. Seperti Microsoft diranah Desktop yang hampir tidak bisa dikalahkan.

Strategi pemasaran Android memang hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh Microsoft yaitu menggandeng produsen-produsen kelas kakap hingga bawah. Karena memang Google berfokus pada aplikasinya. Karena Google dikenal dengan mesin pencarinya yang sangat kuat. Dengan semakin banyaknya pengguna Android didunia yang diintegrasikan dengan semua layanan Google. Membuat user atau pengguna Googlepun menaik tajam.

Smartphone Oppo Casing Putih
Oppo Smartphone - Pemain Baru tetapi Berkualitas
Inilah yang menjadi fokus utama Google. Walaupun beberapa waktu silam Google memutuskan untuk membeli Motorola Mobile. Tetapi, proses akuisisi itupun hanya untuk membeli dan mengamankan ribuan paten yang dimiliki Motorola.

Itu tadi sekilas tentang sejarah smartphone. Intinya, smartphone mulai meledak dengan fitur full touchscreenya saat Apple merilis produk iPhone generasi pertama. Bahkan pendiri Androidpun mengakui kehebatan iPhone besutan Apple. Mereka sampai berkata bahwa Android yang mereka kembangkan waktu itu merasa dipecundangi oleh Apple.

Sekarang Anda sudah tau kan apa itu smartphone? Dan bagaiman dengan sejarah smartphone? Oke, selanjutnya kita akan membahas tentang aplikasi smartphone baik aplikasi smartphone gratis maupun berbayar. Smartphone dikatakan cerdas karena dukungan aplikasi-aplikasinya yang sangat kuat. Bisa kamu bayangkan bukan? Kalau smartphone tanpa aplikasi pendukung? Ibarat kamu makan tanpa lauk apapun!

Aplikasi smartphone dibagi dalam banyak hal, seperti games, komunikasi, multimedia, dll. Itu semua dibagi menurut dengan kebutuhan penggunanya masing-masing. Karena smartphone memang diciptakan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Karena itulah aplikasi-aplikasi yang ada terinspirasi dari kehidupan sehari-hari agar aktivitas kita dimudahkan.

Sebagai contoh, orang jaman dulu membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen-momen indah. Dan masih harus mencucinya untuk mencetaknya. Tetapi, sekarang? Hanya dengan sekali klik dan klik foto sudah jadi. Sangat mudah dengan menggunakan smartphone. Ingin mendengarkan musik juga sangat mudah. Intinya, aplikasi smartphone diciptakan untuk memudahkan aktivitas dan hiburan kita.
ASUS Zenfone Series
Asus Zenfone Series yang Sedang Ngetrend
Aplikasi smartphone memang ada yang gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Ini semua tergantung dengan pengembang aplikasinya. Karena memang selain bertujuan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, aplikasi juga menjadi pundi-pundi uang bagi pengembangnya.

Bila kita menggunakan aplikasi gratisan, mungkin seringkali kita mendapatkan iklan yang sedikit mengganggu. Ya kita tidak boleh marah, karena memang kita mendapatkannya gratis. Dan konsekuensinya kita harus menerima bahwa aplikasi itu ada ads iklannya. Berbeda dengan jika kita membeli aplikasi, maka hampir 99% ads iklan akan dihapus oleh pihak pengembang.

Untuk harga aplikasi smartphone memang bervariasi. Tergantung dengan fitur yang mereka tawarkan. Mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah. Jutaan? Iya! Karena memang, mengambangkan aplikasi itu tidak mudah. Butuh kejeniusan luar biasa dibalik pembuatannya. Karena itulah, harga segitu terbilang sebanding dengan aplikasi yang mereka buat.

Kamu dapat mendownload aplikasi smartphone di Google Play Store jika kamu menggunakan Android ataupun Apple App Store jika kamu menggunakan iOS. Kamu dapat mendownload ratusan bahkan jutaan aplikasi secara gratis maupun berbayar disana. Tetapi ingat! Pastikan kamu membutuhkan aplikasi tersebut. Dan smartphone kamu kuat untuk menjalankan aplikasi tersebut. Karena jika tidak kuat maka smartphone akan menjadi terasa lelet dan sering lag, Jadi sudah tau kan apa itu smartphone dan aplikasinya? Stay tune di smartphone informasi untuk mendapatkan update terbarunya.http://smartphone-informasi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini