Tips Belanja Online Smartphone yang Aman

Tips Belanja Online Smartphone yang Aman. Di era sekarang, jual beli online menjadi hal yang lumrah. Hampir bisa dikatakan sudah menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih bagi orang-orang urban, yang seringkali sudah terlalu capek dan tidak memiliki waktu untuk window shopping di Mall atau tempat belanja. Mereka lebih memilih window shopping didepan layar monitor mereka.

Tentunya, jual beli online sama beresikonya dengan jual beli offline. Unsur penipuan bisa saja terjadi, bahkan lebih besar potensinya daripada kita melakukan aktivitas jual beli offline. Karena apa? Kita hanya tau bentuk fisik barang yang akan kita beli melalui gambar yang pembeli tawarkan. Kita belum mengetahui, belum memegang secara real barang yang akan kita beli.

Jual Beli Online

Jual Beli Online

Diartikel kali ini, saya ingin membahas secara detail tips belanja smartphone online secara aman. Bukan berarti 100% aman. Melainkan meminimalisir unsur penipuan. Sebelum lebih lanjaut, mungkin ada dari kamu yang belum mengetahui apa itu smartphone? Silahkan baca diartikel sebelumnya yang berjudul apa itu smartphone? dan sejarah smartphone.

Bagi kamu yang penggila Acer Smartphone saya juga sudah membuatkan artikel tentang Acer Smartphone dan sebuah review lengkap Acer Z205. Setelah membaca artikel tersebut, mari kita lanjut ke tips membeli barang secara online dengan lebih aman.

1. Pastikan barang yang kamu beli adalah barang yang kamu butuhkan

Pastikan barang yang kamu beli adalah barang yang kamu butuhkan

Hidup sekarang jauh lebih sulit, selain mencari pekerjaan yang kian sulit, kebutuhan yang semakin banyak serta harga yang makin mahal, ditambah lagi dengan gilanya perkembangan tren. Apabila kamu berbelanja tidak memperhatikan aspek tersebut, maka kesehatan keuangan kamu pasti akan terganggu. Untuk itu pastikan sebelum belanja online, barang yang kamu beli adalah barang yang kamu butuhkan.


2. Bandingkan harga dari satu online shop dengan online shop lainnya.

Bandingkan harga dari satu online shop dengan online shop lainnya

Banyak sekali online shop yang bertebaran di belantara internet. Saya ambil contoh lazadda, apikstore, olx, bhineka, dll. Bandingkan barang yang kamu butuhkan di minimal 3 online shop. Untuk apa? Tentu saja untuk mendapatkan harga terbaik, yang paling murah pastinya.


3. Lihat review dari situs-situs besar

Lihat review dari situs-situs besar

Seperti detik, tabloid pulsa. Mereka biasanya rutin dalam jangka waktu tertentu memberikan ulasan review sebuah produk. Usahakan smartphone yang akan kamu beli sudah di review oleh situs-situs besar. Untuk apa? Tentunya untuk mengetahui seberapa kualitasnya smartphone yang akan kamu beli. Tentunya kamu tidak ingin bukan? Membeli smartphone yang ecek-ecek?


4. Perbanyak mencari user review untuk produk yang kamu beli

Perbanyak mencari user review untuk produk yang kamu beli

User review adalah review atau komentar-komentar dari orang-orang yang telah membeli produk yang akan kamu beli. Kamu bisa mendapatkan ulasan-ulasan mereka di situs online shop dibagian komentar. Pastinya ada komentar positif dan negatif. Anggap saja itu sebagai referensi kamu sebelum memutuskan membelinya.


5. Lihat spesifikasi produk, bandingkan dengan produk lain

Lihat spesifikasi produk, bandingkan dengan produk lain

Spesifikasi disini adalah dari segi hardware. Karena memang, banyak vendor-vendor besar menjual smartphone dengan spesifikasi rendah dengan harga yang lumayan mahal. Misalkan Samsung, dengan spesifikasi yang pas-pasan mereka jual dengan harga 1 juta, padahal dengan uang 1 juta kamu bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi jauh lebih gahar dengan membeli produk dari vendor lain.

Untuk itu, kamu jangan terlalu terpengaruh dengan besarnya brand. Tetapi lihatlah kualitas produk yang mereka hasilkan. Memang, brand besar lebih menjanjikan. Tapi, brand kecil juga tidak kalah. Misalkan Xiamoi dan himax. Walaupun belum besar, mereka memberikan produk smartphone murah dengan spesifikasi jauh lebih gahar daripada samsung. Yang lainnya adalah Acer Smartphone.


6. Lihat popularitas online shop

Lihat popularitas online shop

Ini hal terakhir yang tidak boleh kamu lupakan. Lihat track record dari penjualnya. Apakah ontime, lelet, fast respond atau bagaimana. Karena, tidak sedikit penipuan-penipuan atas nama online shop. Karena itulah, pastikan online shop yang kamu beli berkredible, serta barang yang mereka jual berkualitas dan tidak abal-abal. Caranya bagaimana? Lihat komentar-komentar pelanggan yang telah membeli disana. Jika ada ScreenShots Testimoni akan jauh lebih bagus karena meningkatkan trust.

Itu tadi adalah tips belanja smartphone online. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca review lengkap Acer Z205, barang kali kamu tertarik untuk membelinya, setelah membaca review dari blog ini. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini