9 Prosesor Smartphone Terbaik di Dunia 2015

9 Prosesor Smartphone Terbaik di Dunia 2015. Tahun 2015 peta persaingan dari setiap vendor smartphone semakin ketat. Kualitas terus ditingkatkan, mulai dari software hingga jeroan hardware. Dari segi hardware kualitas kinerja dari prosesor juga ditingkatkan. Tidak sedikit vendor yang mengembangkan prosesornya sendiri seperti Apple dan Samsung. Lantas prosesor mana yang lebih baik?

Berdasarkan Geekbench, proses pengujiannya ada 2 hal. Yaitu untuk mengetes kecepatan multi-core dan mengetes kecepatan single core. Untuk Multi-Core prosesor Samsung Galaxy S6 menjadi juaranya. Dengan mengusung seri nama Exynos 7420, prosesor asli besutan Samsung inipun mencatat rekor yang luar biasa.

Bagaimana dengan yang lain? Apakah prosesor Samsung lebih baik daripada Apple? Untuk Multicore memang Exynos 7420 menjadi yang paling tercepat, dengan skor 4.547 jauh mempecundangi lawan-lawannya seperti Snapdragon 810 yang dipakai di smartphone HTC One M9.

9 Prosesor Smartphone Terbaik di Dunia 2015

9 Prosesor Smartphone Terbaik di Dunia 2015

Masih berdasarkan grafik diatas, Prosesor yang dikembangkan oleh Apple dengan nomor seri Apple A8 tidak terlalu mencatat nilai yang gemilang. Karena Apple A8 masih menggunakan otak dual core 64 bit. Sedangkan seperti yang kita tahu Exynos 7420 menggunakan otak Octa Core. Dengan perbandingan core yang cukup banyak tidak heran jika prosesor samsung galaxy s6 edge lebih baik daripada prosesor apple A8.

9 Prosesor Smartphone Terbaik di Dunia 2015

9 Prosesor Smartphone Terbaik di Dunia 2015

Untuk tes single core, prosesor yang dipakai Nexus 9 yaitu Nvidia Tegra K1 Denver mencatat nilai yang gemilang. Disusul oleh Prosesor yang dipakai iPhone yaitu Apple A8. Sedangkan Proseor Galaxy S6 masih berada dibawah nvidia dan a8, kemudian prosesor yang dipakai HTC One M9 yaitu Snapdragon 810 berada diposisi 4.

Mungkin ada yang masih bingung, apa bedanya single core dan multi core? Dalam pengujiannya memang dibagi menjadi 2, pengujian multicore berarti semua core diaktifkan saat dilakukan tes. Artinya jika Exynos memiliki 8 core, maka 8 core semuanya diaktifkan, begitu juga Apple A8 yang hanya dual core, maka 2 core yang dimiliki Apple A8 diaktifkan untuk dites.

Sedangkan tes single core, hanya satu core saja yang diaktifkan saat pengetesan. Dapat disimpulkan, jika Nvidia dan Apple lebih fokus dalam pemanfaatan kinerja daripada menambah otak corenya. Karena semakin efektifitasnya prosesor akan menurunkan daya yang harus digunakan, serta biaya produksinya.

Itu tadi prosesor terbaik yang dipakai smartphone. Semoga cukup menjadi bahan pertimbangan saat kamu ingin membeli smartphone. Jangan lupa untuk membaca tips belanja smartphone online dengan aman. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini