9 Tips Menjaga Keamanan Smartphone Android

9 Tips Menjaga Keamanan Smartphone Android. Android sebagai sistem operasi smartphone paling populer sejagat tentunya sangat rentan dari serangan cyber. Tidak seperti pada sistem operasi desktop. Walaupun Android bersifat open source, Android tetap menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan cyber.

9 Tips Menjaga Keamanan Smartphone Android

Untuk menjaga smartphone kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya kamu harus memperhatikan banyak aspek. Menjaga smartphone sama halnya kamu menjaga komputer ataupun rumah kamu. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah tips keamanan android smartphone :

1. Gunakanlah PIN, Password ataupun Pattern untuk "lock screen"

Mungkin bagi beberapa orang menggunakan PIN, Password, ataupun Pattern akan membuat ribet. Kebanyakan orang masih suka menggunaka slide deck untuk mengunci screen smartphone. Tidak salah, tetapi kurang aman saja. Apalagi di smartphone kamu ada hal-hal privasi, tentunya akan sangat berbahaya bukan kalau sembarangan orang dapat mengaksesnya?

2. Download Aplikasi Dari Tempat yang Terpercaya

Jangan asal mendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Misalkan dari Google saja. Usahakan download aplikasi dari web-web yang sudah "trusted" seperti Google Play Store, Mobile 9, dll. Usahakan saat mendownload aplikasi lihatlah rating serta review yang sudah tersedia, dan jangan lupa baca privacy policy dari setiap aplikasi yang akan kita unduh.  [Baca : 6 Tips Belanja Smartphone Online Aman]

3. Backup Data Kamu

Ini cukup penting, apalagi jika ada beberapa data yang penting di smartphone kamu. Tentunya akan sangat fatal akibatnya jika data-data yang kamu miliki hilang begitu saja bukan? Karena itulah rajin-rajinlah untuk mem-backup data yang kamu miliki. Jika malas, kamu bisa menggunakan layanan Cloud seperti Google Drive, dll.

4. Update selalu OS dan Aplikasi

Penting untuk mengupdate sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang ada dismartphone kamu. Untuk apa? Agar program-programnya selalu menggunakan sistem keamanan yang paling baru. Karena, penjahat cyber makin lama juga semakin ahli. Karena itulah perlu adanya update berkala dari setiap OS ataupun Aplikasi.

5. Log Out setelah melakukan transaksi online

Jika kamu sering menggunakan layanan internet banking, ataupun aplikasi banking di smartphone Android. Jangan lupa untuk selalu log out. Karena bisa saja celah itu dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu jangan sekali-kali menggunakan Wi-Fi umum / publik untuk melakukan transaksi online, entah itu internet banking, payoneer, ataupun paypal. Karena sangat-sangt riskan terjadi kejahatan cyber. [Baca : Review Lengkap Acer Liquid Z200]

6. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth ketika tidak digunakan

Jika kamu selesai menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth jangan lupa untuk mematikannya, karena jika kedua layanan itu aktif, bisa saja orang lain akan memanfaatkan akses untuk mengkontrol smartphone kamu dari jarak jauh.

7. Jangan berikan informasi pribadi kamu

Jangan sekali-kali memberikan informasi pribadi kamu kepada orang lain. Seperti password email, e-banking, dll. Kecuali kepada orang yang benar-benar kamu percayai dan tidak akan berkhianat. Karena kejahatan cyber lebih menyerang pada pencurian data pribadi. Paling ringan adalah pencurian data pribadi seperti nama, alamat, dll. Di tingkat lebih lanjut terjadi pencurian samai di username dan password e-banking. Kejahatan ini biasa disebut dengan istilah carding. [Baca : Review Lengkap iPhone Semua Generasi]

8. Install Antivirus di Android

Jangan lupa untuk memasang antivirus di smartphone kamu. Karena dengan semakin banyaknya malware dan kejahatan cyber akan sangat riskan jika smartphone kamu tidak memiliki pelindung apapun. Ada banyak aplikasi-aplikasi yang dapat kamu gunakan. Seperti 360 Antivirus, McAfee Antivirus, VGA, dll. [Baca : Review Lengkap Samsung Galaxy S6]

9. Jangan terbuai harga murah

Mungkin kebanyakan orang menjadi korban kejahatan cyber karena membeli barang abal-abal. Walaupun dengan harga murah tetapi resikonya akan jauh lebih besar. Bisa saja, smartphone murah atau biasa disebut dengan smartphone super copy telah disisipi malware jahat yang bisa saja mencuri data-data pribadi kamu.

Itu tadi adalah 9 tips smartphone android lebih aman. Semoga setelah membaca artikel ini kamu akan lebih menjaga keamanan smartphone kamu. Karena kejahatan cyber sekarang sedang marak-maraknya. Jangan sampai kamu menjadi korban selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini