Cara Mencegah Baterai HP Tidak Meledak

Cara Agar Baterai Tidak Meledak - Tidak sedikit kasus tentang baterai yang meledak di seluruh dunia, lebih-lebih baterai smartphone sekelas Apple iPhone. Sebagai contoh saja, baru-baru ini ada kasus tentang baterai ponsel milik gadis di Kanada yang meledak saat ia tidur serta mengakitbatkan kebakaran kecil.

Tips Baterai Tidak Terbakar

Tips Baterai Tidak Terbakar


Memang kenyataannya, baterai meledak atau terbakar memang tidak hanya dikarenakan kesalahan baterai/smartphonenya. Bisa saja pemicu baterai terbakar atau meledak ialah penggunaan baterai ataupun charger yang tidak original / bajakan.

Dilansir dari okezone, baterai bertipe lithium sendiri memang mengalami beberapa permasalahan yang biasa disebut dengan Thermal Runawy, masalah ini terjadi saat panas yang meningkat berlebih hingga 2x. Karena itulah, baterai lithium sekarang dilengkapi dengan sebuah sistem yang dapat melindungi dan mencegah terjadinya over charging (pengisian daya / ngeces yang berlebihan) serta dapat meminimalisikr reaksi berhaya dari bahan-bahan kimia yang terkandungnya.

Cara gampang agar baterai tidak gampang meledak atau terbakar adalah pastikan menggunakan baterai asli atau original. Meskipun tidak, pastikan baterai yang dipakai sudah terbukti merk brandnya. Karena, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk membeli baterai dengan harga yang murah tanpa mempertimbangkan kualitas. Alhasil, baterainya gampang melendung.

Cara lain adalah untuk tidak meletakkan smartphone ditempat yang panas, terutama saat di isi dayanya. Hal ini akan membuatnya sangat rentan terjadinya overheatingi. Sekedar informasi, suhu disekitarnya (lingkungan) juga mempengaruhi suhu baterai ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini