Harga Sony Xperia E4, Spesifikasi dan Review

Harga Sony Xperia E4 – Peta persaingan pasar smartphone ditanah air semakin sengit, setelah Sony mengeluarkan jagoan terbarunya yaitu Sony Xperia E4. Smartphone andalan ini adalah penerus dari Sony Xperia E3 yang terbilang sukses pada tahun sebelumnya. Tentunya ada banyak peningkatan yang dilakukan Sony terhadap ponsel ini, terutama pada layar serta kameranya. Sayangnya Sony malah menggunakan prosesor Mediatek yang kebanyakan dipakai oleh smartphone lokal.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh Sony Xperia E4 memang pantas untuk dijual dibawah 2 juta rupiah, karena Sony juga tidak mencantumkan teknologi LTE dan NFC seperti Sony Xperia E3 untuk memangkas harganya agar bisa lebih murah. Tetapi dari segi jeroannya tidak kalah baik karena menggunakan prosesor Quad Core Mediatek serta RAM 1GB sehingga kemampuan multitaskingnya akan meningkat.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia E4 

Review Sony Xperia E4

Review Sony Xperia E4

Smartphone ini cocok sebagai media hiburan karena memiliki layar 5 inci serta dukungan penuh untuk layanan musiknya yaitu Walkman yang bisa memutar musik 2 hari berutrut-turut. Hal ini didukung oleh daya baterai yang cukup besar sehingga akan memuaskan penggunanya. Tentu saja anda tidak akan menyesel untuk membeli smartphone ini.

Dengan segudang kemampuan serta fitur terpendam didalamnya membuat ponsel ini memiliki kualitas yang baik dengan teknologi dari negeri Sakura tersebut. Apalagi pengalaman Sony dalam memproduksi Smartphone menjadikan standard yang dipakai tentu tidaklah rendah, smartphone buatan Sony terkenal dengan kualitas serta daya tahannya yang lama. Bagaimana penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Sony Xperia E4? Simak review lengkapnya dibawah ini :

Spesifikasi Sony Xperia E4 : 

Sim CardDual SIM / Single Sim
Ukuran137 x 74.6 x 10.5 mm / 144 g
LayarIPS LCD, 5.0 inches 540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density) Scratch-resistant glass
MemoryInternal 8 GB, Exsternal microSD, up to 32 GB
Ram1 GB
OSAndroid OS, v4.4.4 (KitKat) Bisa Upgrade Android Lollipop
CPUMediatek MT6582 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPUMali-400MP2
KonektivitasHSPA 21.1/5.76 Mbps, Bluetooth v4.1, Wi-Fi 802.11 b/g/n, MicroUSB 2.0
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash, touch focus, face detection, HDR, panorama, Video 1080p@30fps
Kamera Depan2 MP, 720p
BateraiNon-removable Li-Ion 2300 mAh

Review Sony Xperia E4

Layar Sony Xperia E4 memiliki ukuran 5 inci tetapi sayangnya resolusinya belum HD apalagi Full HD tetapi masih qHD yaitu 540 x 960 piksel dengan teknologi panel IPS Display sehingga akan menghasilkan kualitas gambar yang tajam serta mampu menampilkan warna dengan lebih akurat, selain itu dengan teknologi IPS Display kita bisa memperluas sudut pandang saat menonton film ataupun bermain game.

Desain Sony Xperia E4

Desain Sony Xperia E4

Desain Sony Xperia E4

Soal desain memang Sony Xperia E4 tergolong biasa saja, tidak ada yang istimewa. Untuk dimensi ukuran Sony Xperia E4 yaitu 137 x 74.6 x 10.5 mm, yang artinya ponsel ini sedikit lebih tebal dari Sony Xperia E3 serta berat Sony Xperia E4 mencapai 144 gram. Meskipun bazel sampingnya lebi tipis tetapi desain Sony Xperia E3 lebih unggul daripada Sony Xperia E4. Selain itu layar smartphone ini dilapisi oleh Scratch-resistant glass sehingga lebih meningkatkan kualitasnya dan tahan goresan serta debu.

Konektivitas Jaringan Sony Xperia E4

Sony Xperia E4 tidak didukung oleh jaringan 4G LTE dan NFC. Hal ini cukup dimaklumi karena harga Sony Xperia E4 lebih murah daripada pendahulunya. Tetapi soal jaringan Sony Xperia E4 juga cukup bisa diandalkan yaitu menggunakan jaringan 3G HSPA dengan kecepatan hingga 21 mbps. Ada 2 model SIM yang akan dipasarkan yaitu Single SIM dan Dual SIM, keduanya mempengarui harga jualnya meski tidak terlalu terlampau jauh.
Spesifikasi Sony Xperia E4

Spesifikasi Sony Xperia E4

Selain itu juga Wi-Fi 802.11 b/b/n juga dipasang untuk mendukung konektifitiasnya yang dapat digunakan sebgai Wi-Fi Direct dan Wifi Hotspot. Untuk mentransfer data antar device Sony Xperia E4 tersedia Bluetooth V4.1 serta microUSB. Untuk kemampuan GPSnya agaknya Sony menurunkan kualitasnya dengan membuang teknologi Glonass sehingga hanya tersedia A-GPS serta aplikasi Google Map.

Sistem Operasi dan Performa Sony Xperia E4

Soal performanya memang Sony Xperia E4 dapat diandalkan karena telah menggunakan Sistem Operasi Android KitKat meskipun belum Lollipop tetapi cukup bisa diandalkan. Untuk dapur pacunya kita bisa mengandalkan prosesor Quad Core dari MediaTEk yang dapat melaju kencang hingga kecepatan 1,3 GHz, RAM Sony Xperia E4 juga cukup yaitu 1GB dengan GPU Mali-400 sebagai pengolah grafisnya sehingga akan menampilkan tampilan grafis yang lebih akurat.

Kapasitas Memori Sony Xperia E4

Seperti yang telah dijelaskan performa multitasking Sony Xperia E4 akan meningkat dengan RAM 1GB sehingga tidak perlu khawatir saat membuaka banyak aplikasi sekaligus. Memori internal Sony Xperia E4 sebesar 8GB tentunya sudah dipotong dengan OS KitKat. Tidak lupa dukungan slot microSD hingga 32 GB.

Sejak jaman feautured phone atau ponsel jadul / fitur phone kualitas suara audio dari perangkat Sony memang yang terbaik. Sony Xperia E4 dilengkapi dengan teknologi xLoud™ yang bisa meningkatkan kualitas bass sehingga kita bisa mendengarkan kualitas suara dengan lebih nyaring serta lebih bervariasi. Selain itu juga Sony Xperia E4 dipasang teknologi Clear Audio+ yang bisa mengurangi distorsi sehingga menghasilkan kualitas audio yang lebih bersih, apalagi adanya aplikasi Walkman yang sudah pasti akan memuaskan para pecinta musik.

Kamera Sony Xperia E4

Dari sektor fotografi memang teknologi Sony dapat diandalkan, Kamera utama Sony Xperia E4 yaitu 5MP yang dapat memotret gambar dengan resolusi Full HD. Selain dapat memotret gambar dengan kualitas terbaik kamera ini juga dapat merekam video dengan hasil mengagumkan beresolusi Full HD 1080p. Kualitasnya tentu akan sangat jernih, tajam, serta detail karena adanaya LED Flash dan Autofocus.

Untuk kamera depan Sony Xperia E4 dilengkapi dengan kamera beresolusi 2MP tentu saja akan menghasilkan foto selfie yang menajubkan meski dengan berbagai kualitas pencahayaan. Kamera depan ini juga dapat merekam video dengan kualitas HD 720p dengan tingkat distorsi rendah. Dengan kualitas kamera yang powerfull ini tentu saja saat melakukan video call tidak akan menjadi masalah.

Kapasitas Baterai Sony Xperia E4

Berbeda dengang smartphone murah lainnya, meskipun harga Sony Xperia E4 cukup murah tetapi kapasitas baterainya cukup baik yaitu dengan baterai Li-ION 2300 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 2Hari. Untuk waktu bicaranya mencapai 12 jam 40 menit. Tetapi baterai ini termasuk unremovable battery sehingga tidak dapat dicopot.

Kelebihan Sony Xperia E4

  1. Layar menggunakan teknologi IPS
  2. Kamera dapat merekam video Full HD
  3. Harganya cukup murah
  4. OS bisa diupgrade ke Android Lollipop
  5. RAM 1GB

Kekurangan Sony Xperia E4

  1. Desainnya lumayan tebal
  2. Tidak support LTE
  3. Tidak adanya NFC
  4. Prosesor masih berasitektur 32 Bit

Harga Sony Xperia E4

Belum ada konfirmasi resmi dari Sony soal harga Sony Xperia E4, tetapi dengan spesifikasi yang telah dijelaskan diatas semoga saja harganya akan lebih murah sehingga dapat bersaing dengan smartphone buatan Xiaomi dan Lenovo yang sudah sangat populer ditanah air.
Harga Sony Xperia E4

Harga Sony Xperia E4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini